Tugas softskill kedua



Arsitektur Web

Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.
Sejak web perencanaan isi, desain dan manajemen datang dalam lingkup metode desain, Vitruvian tradisional tujuan komoditas, keteguhan dan kesenangan dapat memandu arsitektur situs, seperti yang mereka lakukan arsitektur fisik dan disiplin desain lainnya. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0. Kedua ide menekankan aspek struktur informasi. Strukturalisme adalah sebuah pendekatan untuk pengetahuan yang telah dipengaruhi sejumlah disiplin akademis termasuk estetika, teori kritis dan postmodernisme. Web 2.0, karena melibatkan user-generated content, mengarahkan perhatian arsitek website untuk aspek-aspek struktur informasi.
“Website arsitektur” memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten website. ”Web desain”, dengan cara kontras, menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian-grafis dan teknis, dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Perbedaan tersebut dibandingkan dengan yang antara tugas mengedit sebuah koran atau majalah dan desain grafis dan pencetakan. Tetapi hubungan antara editorial dan kegiatan produksi adalah lebih dekat untuk publikasi web daripada untuk penerbitan cetak.
Aplikasi
pengertian aplikasi adalah penggunaan atau penerapan suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan. Aplikasi dapat diartikan juga sebagai program komputer yang dibuat untuk menolong manusia dalam melaksanakan tugas tertentu.
Protocol
Protocol adalah sekumpulan rules pada sistem telekomunikasi yang digunakan untuk bertukar informasi.
Anda mungkin sering mendengar istilah protocol. Misalnya internet protocol (IP), transmission control protocol (TCP) dan masih banyak lagi.
Anda sendiri mungkin tidak sadar bahwa ketika menggunakan komputer dan internet, anda telah berinteraksi dengan yang namanya protocol.
Protocol sangat penting untuk membangun komunikasi di antara dua aplikasi atau dua node tertentu.
Untuk memperjelas, post berikut ini memberikan contoh dan definisi dari protocol.
Seperti yang ditulis di atas bahwa protocol adalah sekumpulan rule yang digunakan untuk pertukaran informasi, maka untuk memperjelas berikut ini adalah beberapa contoh dari protocol.
Internet Protocol (IP), IP mendefinisikan unreliable packet transfer protocol.
Transmission Control Protocol  (TCP), TCP dibangun di atas IP untuk mendefinisikan data delivery protocol yang reliable.
Transport Layer Security (TLS), mendefinisikan protocol untuk memberikan privasi dan integritas data di antara dua aplikasi yang saling berkomunikasi. TLS berada di atas reliable transport protocol seperti TCP.
Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dibangun di atas TCP untuk mendefinisikan sebuah query response protocol untuk melakukan query terhadap keadaan dari remote database.
Untuk saling berkomunikasi, maka masing-masing end point atau node harus menerapkan protocol yang sama sehingga dapat berkomunikasi dengan baik.
Selain beberapa protocol di atas, masih banyak sekali protocol yang digunakan di dalam dunia IT  seperti File Transfer Protocol (FTP) FTPIPX/SPX, X.25, AX.25, AppleTalk dan lain-lain
Pengertian Hypertext Transfer Protocol (HTTP) :
adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks
http://3.bp.blogspot.com/_szLhUF1v5IM/TC35gvXCZcI/AAAAAAAAAsk/skfaguPWWUU/s1600/http.jpg
Pengertian HTML :
HTML atau HyperText Markup Language adalah program mark-up yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajahan web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Pengertian Internet

Apakah Pengertian Internet itu? Internet sendiri berasal dari kata  interconnection-networking, merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Sedangkan pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks,
grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.


Web ServerWeb server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman - halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML
Untuk Packet Software Web Server sendiri ada beberapa macam. Berikut adalah macam-macam Packet Software yang dapat digunakan untuk membangun Web Server :
Apache Tomcat
Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
Lighttpd
Sun Java System Web Server
Xitami Web Server
Zeus Web Server
Dan lain sebagainya
Dari bermacam-macam Packet Software di atas, yang paling populer yaitu Apache dan juga IIS.
Untuk cara kerja Web Server, Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi atau software beroperasi dalam mendistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai dengan permintaan user. Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan Komputer yang ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP yang memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Pada saat browser meminta data web page ke server, maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yang merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat, yang dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yg digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yg terhubung dalam jaringan di dunia ini.
Untuk mengenal protocol ini jelas sangat mudah sekali di mana setiap kali anda mengetik http://… anda telah menggunakannya, dan membawa anda ke dunia internet. Data yang di passing dari browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yang meminta web page dan kemudian web server akan mencari data HTML yang ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di kirim kembali ke browser. Data yang dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response. Jika data yang diminta oleh browser tidak ditemukan oleh si Web server maka akan menimbulkan error yang sering anda lihat di web page yaitu “Error : 404 Page Not Found”. Hal ini memberikan cita rasa dari suatu proses yang tridimensional. Artinya pengguna internet dapat membaca dari satu dokumen ke dokumen yang lain hanya dengan mengklik beberapa bagian dari halaman-halaman dokumen (web) itu. Proses yang dimulai dari permintaan webclient (browser), diterima web server, diproses, dan dikembalikan hasil prosesnya oleh web server ke web client lagi dilakukan secara transparan. Setiap orang dapat dengan mudah mengetahui apa yang terjadi pada tiap-tiap proses. Secara garis besarnya web server hanya memproses semua masukan yang diperolehnya dari web clientnya.
Browser Transaction
Pengertian pada browser Transaction adalah penyedia browser yang dimananya terdapat penyedia transaction yang berguna untuk membeli suatu barang yang di dalam browser menggunakan pay.
User
user merupakan Pengguna. Biasanya ditujukan kepada pengguna suatu sistem yang umumnya adalah manusia. Misalnya pengguna komputer
Generated Content
Auto Generate Content dan dari situ kita mungkin bisa menerka maksud dari singkatan tadi.Blog AGC berarti adalah sebuah blog yang menggunakan Auto generate content atau lebih jelasnya blog yang mempunyai postingan otomatis yang di dapat dari mesin telusur ataupun dari URL blog lainnya. Kebanyakan blog yang menggunakan AGC ini cenderung punya traffic yang bagus namun disini saya juga sedikit belum paham mengenai blog ini apakah termasuk teknik Black Hat SEO dan apakah teknik ini Rawan akan banned dari mbah GOOGLE. Kebanyakan yang sering saya temui baru-baru ini tentang Blog AGC kebanyakan mengambil keuntungan dari blog lain yang mempunyai indeks bagus.Efek yang timbul saat sebuah blog yang terkena dampak AGC adalah kebanyakan indeks turun dan banyak link rusak saat kita cek di Google Webmastertools karena setiap kita posting dan secara otomatis postingan kita juga berada pada blog AGC tersebut.

Blog

Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web).
Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi

Wikis
Wiki adalah sebuah situs web yang menggunakan perangkat lunak wiki, memungkinkan dengan mudah pembuatan dan editing dari sejumlah halaman Web yang saling terkait, menggunakan bahasa markup sederhana atau teks editor WYSIWYG, dalam browser. Wiki sering digunakan untuk membuat situs Web kolaboratif, memberdayakan situs komunitas, dan untuk mengambil catatan. Kolaboratifensiklopedia Wikipedia adalah salah satu Wiki yang paling dikenal. Wiki digunakan dalam usaha untuk memberikan pengetahuan dan intranet sistem manajemen. Ward Cunningham, pengembang dariperangkat lunak wiki yang pertama, WikiWikiWeb, awalnya digambarkan sebagai “database online yang paling sederhana yang dapat bekerja.”
“Wiki” (pelafalan bahasa Inggris: /wiːkiː/) adalah kata Hawaii untuk “cepat”.

Social Networking
Social Networking adalah sebutan lain terhadap website community.
Social Networking adalah tempat untuk para netter berkolaborasi dengan netter lainnya.
Social Networking adalah kegiatan menjalin hubungan dengan orang lain melalui social media sites / situs jejaring sosial yang ada di internet. Bisa diakses di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Dan tidak jarang juga, orang-orang yang “maenan” situs semacam ini dibilang melakukan kegiatan yang ngga mutu. Padahal status update pun memiliki potensi dengan dampak yang luas. Sayangnya, terlalu sering sebuah buku dinilai hanya dari sampulnya.
Socialize
Membuka lembaran pertama – Keinginan untuk Social Networking lahir dari kebutuhan dasar manusia.
Manusia pada dasarnya memang sudah terkonfigurasi secara biologis untuk bersosialisasi. Kita semua ingin untuk bertatap muka dengan orang lain (kita bahkan memiliki kelebihan bawaan dari lahir untuk melakukan facial recognition!), berbagi satu sama lain, merasa terkoneksi, dan aspek-aspek lainnya dari kehidupan sosial.
Dulunya sangat susah bagi kita untuk bisa bertemu dengan banyak orang. Palingan pakai surat atau telegram. Kemudian datanglah telepon dan kemudian handphone yang mengakibatkan dompet kurus kering. Di satu sisi, memang tagihan pulsa yang ngga karuan adalah hal yang buruk, tetapi bila dilihat di sisi yang lain, ini adalah bukti nyata kebutuhan dasar sebagai manusia untuk berhubungan dengan orang lain.
Dan datanglah era internet dengan bentuk dasar yang tidak menghiraukan batasanapapun. Semua orang dapat terkoneksi di atas satu medium. Siapapun dapat mengakses situs apapun. Dan karenanya, saat sebuah situs jejaring sosial dimana orang-orang berkumpul disediakan, banyak orang secara alami tertarik untuk datang ke sana.
Folksonomy
Folksonomy itu sendiri adalah Bentuk sederhana dari kosa kata bersama tidak muncul dalam sistem bookmark sosial (folksonomy). Penandaan kolaborasi menunjukkan suatu bentuk system yang komplek atau mengorganisir diri dinamika.
Meskipun tidak ada kosa kata terkontrol pusat untuk membatasi tindakan pengguna individu, distribusi tag yang menggambarkan sumber daya yang berbeda telah terbukti untuk berkumpul dari waktu ke waktu untuk stabil kekuatan hukum distribusi. Setelah stabil seperti distribusi bentuk, kolerasi antara tag yang berbeda dapat diperiksa untuk membangun grafik folksonomy sederhana, yang dapat secara efisien dipartisi untuk mendapatkan bentuk kosakata masyarakat atau bersama. Sementara kosakata tersebut menderita beberapa masalah informalitas dijelaskan di bawah ini , mereka dapat dilihat sebagai muncul dari tindakan desentralisasi banyak pengguna.
Dari sudut pandang pencarian data, ada kelemahan seperti tag-sistem berbasis: tidak mengatur standar kata kunci, sebuah folksonomy bukan dari kosa kata yang terkontrol, tidak ada standar untuk struktur tag tersebut (misalnya, tunggal vs jamak, kapitalisasi), mistagging akibat kesalahan ejaan, tag yang dapat memiliki lebih dari satu arti, tag tidak jelas karena sinonim / antonim kebingungan, lazim dan schemata tag pribadi dari beberapa pengguna, dan tidak ada mekanisme bagi pengguna untuk menunjukkan hirarki hubungan antara tag (misalnya, situs mungkin akan dicap sebagai baik keju dan cheddar, tanpa mekanisme yang mungkin menunjukkan cheddar yang merupakan perbaikan atau sub-kelas dari keju).
Web Security
Web Security adalah tata cara mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tsb.

Penulis : welcome to the blog risnanda febiarto ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tugas softskill kedua ini dipublish oleh welcome to the blog risnanda febiarto pada hari Selasa, 11 Juni 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tugas softskill kedua
 

0 komentar:

Posting Komentar