Jika kita mendengar kata "desain pemodelan grafik" yang terlintas di benak pikiran kita adalah gambar. Agar lebih jelasnya kita akan memahami pengertian desain pemodelan grafik dengan mengenal per kata terlebih dahulu. Desain Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Dimana desain juga bisa diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan. Pemodelan Pemodelan adalah pola /contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Dimana proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Grafik Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapn dan perwujudan dalam bentuk huruf,simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Pengertian dari
desain pemodelan grafik dapat kita pecah menjadi 3 kata, yaitu desain pemodelan
dan juga grafik. Kata yang pertama yaitu desain. Desain diambil dari
kata designo diambil dari bahasa Itali yang artinya adalah gambar.
Sedangkan dalam bahasa Inggris desain diambil dari bahasa
Latin designare yang artinya adalah merencanakan atau
merancang. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai
kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti
“proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain”
digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu
berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Desain juga
dapat diartikan sebagai proses untuk menggambar, merancang, membuat dan
menciptakan obyek baru.
Kata
kedua yaitu pemodelan. Pemodelan bersal dari kata dasar yaitu model.
Arti dari kata model adalahpola (contoh, acuan, ragam) dari sesuatu yang akan
dibuat atau dihasilkan (Departemen P dan K, 1984:75). Definisi lain dari model
adalah abstraksi dari sistem sebenarnya, dalam gambaran yang lebih sederhana
serta mempunyai tingkat presentase yang bersifat menyeluruh, atau model adalah
abstraksi dari realitas dengan hanya memusatkan perhatian pada beberapa sifat
dari kehidupan sebenarnya (Simamarta, 1983: ix – xii). Sedangkan arti kata
pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek, membuat dan
mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti
hidup. Pemodelan juga dapat diartikan sebagai pola atau contoh
dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana
akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan
dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Dan
kata ketiga adalah grafik adalah mengacu pada gambar, garis,
lingkaran, lengkungan yang bergabung menjadi satu membentuk sebuah bangun atau
pencitraan baik 1, 2, maupun 3 dimensi atau lebih. Grafikjuga dapat didefinisikan
sebagai pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar
dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik adalah suatu proses
pembuatan, penyimpanan dan manipulasi obyek. Ada juga grafik komputer.
Grafik komputer adalah proses pembuatan obyek menggunakan bantuan software
komputer yang khusus dibuat untuk membantu membuat grafik komputer.
Jadi pengertian dari Desain
Pemodelan Grafik adalah proses merencanakan atau merancang, membuat objek baru
kemudian memproses obyek tersebut menjadi suatu bentuk yang diinginkan dengan
bantuan software komputer.
Berikut adalah kegiatan yang
berkaitan dengan grafik komputer
Pemodelan geometris :
Menciptakan model matematika dari objek-objek 2D
dan 3D.
Rendering : Memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali
tingkah
laku/behaviour objek bergantung waktu.
Graphics Library/package : Perantara aplikasi dan display
hardware(Graphics
System) (contoh : OpenGL)
Application
program : Memetakan objek aplikasi ke
tampilan/citra dengan memanggil graphics
library. Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
Citra
: Merupakan hasil akhir dari sintesa, disain,
manufaktur, visualisasi dll.
Daftar beberapa software yang
mendukung Desain Grafis:
Desktop publishing
Adobe Photoshop
Adobe Illustrator
Adobe Indesign
Page Maker
Coreldraw
GIMP
Inkscape
Adobe Freehand
Adobe image ready
CorelDraw
Webdesign
Macromedia Dreamweaver
Microsoft Frontpage
Adobe Photoshop
Audiovisual
Adobe After Effect
Adobe Premier
Final Cut
Adobe Flash, atau sebelumnya
Macromedia Flash
Ulead Video Studio
Magic Movie Edit Pro
Power Director
Rendering 3 Dimensi
3D StudioMax
Maya
AutoCad
Google SketchUp
Menurut Wikipedia: desain
diartikan sebagai suatu seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian
kreatif lainnya. Dari pengertian tersebut dapat terlihat bahwa desain merupakan
suatu gambaran atau suatu pola yang akan memiliki tujuan untuk menghasilkan
sesuatu.
Pemodelan
Membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Desain Pemodelan Grafik
Desain permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Pemodelan adalah proses membentuk suatu obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer.
Berikut adalah kegiatan yang berkaitan
dengan grafik komputer:
1. Pemodelan geometris : menciptakan model matematika
dari objek-objek 2D dan 3D.
dari objek-objek 2D dan 3D.
2. Rendering : memproduksi citra yang lebih solid
dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku
/behaviour objek bergantung waktu.
Kerangka Grafik Komputer
1.Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System)
2.Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
3.Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
4.Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain,
manufaktur, visualisasi dll.
dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku
/behaviour objek bergantung waktu.
Kerangka Grafik Komputer
1.Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System)
2.Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
3.Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
4.Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain,
manufaktur, visualisasi dll.
Grafik
Grafik identik dengan suatu garis-garis, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga di definisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra. Dari ketiga definisi di atas dapat disimpulkan desain pemodelan grafik adalah proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan dan manipulasi model dan citra.
Software Pembuat Animasi
Di pasaran sekarang ini sudah
banyak beredar softwarwe pembuat animasi, baik itu 2D atau 3D. Untuk lebih
jelasnya perhatikan daftar dibawah ini yang disusun berdasarkan kriterianya.
1. Software Animasi 2 Dimensi:
Macromedia Flash, CoRETAS, Corel R.A.V.E., After Effects, Moho, CreaToon, ToonBoom, Autodesk Animaton (1990-an) dll
2. Software Animasi 3 Dimensi:
Maya, 3D Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, Softlmage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D, Canoma dll
Macromedia Flash, CoRETAS, Corel R.A.V.E., After Effects, Moho, CreaToon, ToonBoom, Autodesk Animaton (1990-an) dll
2. Software Animasi 3 Dimensi:
Maya, 3D Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, Softlmage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D, Canoma dll
Rendering
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output. Dengan kata lain memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
Tipe-Tipe Citra
1. Grafis Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah
pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik
sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb.
Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya
untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster
dll.
Pixel Art
Pixel art adalah sebuah bentuk
seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster
di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan
pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada
telepon genggam.
Vector graphics
Berbeda dengan pixel, grafik
vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana
keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun
gambar yang dihasilkan tetap(tidak blur atau pecah)
Grafik Komputer 3D
Grafik komputer 3D merupakan
suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam
melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan
nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D
ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.
Animasi Komputer
Animasi Komputer adalah seni
membuat gambar bergerak melalui komputer. Biasanya ini digunakan pada
film-film animasi berbudget besar. Tetapi film-film non animasi juga banyak
yang menggunakan teknik ini, sebut saja Lord Of The Ring, Harry Potter,
dsb.
Berikut penjelasan detailnya
mengenai sejarah grafik.
• Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan
menampilkan simulasi efek fisik
• 1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer
• 1963 :
- Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector)
- Mouse oleh Douglas Englebert
• 1970 : Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier
• 1972 : ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer
• 1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
• 1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping
• 1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
• Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime
• 1982 : Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel
• 1984 : Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter
• 1986 : Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
• 1995 : Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama
• Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan
dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
• Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic
rendering.
• 1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer
• 1963 :
- Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector)
- Mouse oleh Douglas Englebert
• 1970 : Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier
• 1972 : ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer
• 1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
• 1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping
• 1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
• Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime
• 1982 : Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel
• 1984 : Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter
• 1986 : Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
• 1995 : Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama
• Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan
dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
• Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic
rendering.
Sumber: http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/desain-pemodelan-grafik-dan-teknologi-vektor-dan-bitmap/
0 komentar:
Posting Komentar