Dimanakah Letak Kepedulian Manusia Sebagai Makhluk Sosial

                                                        BAB  I
                                                PENDAHULUAN

          A.Latar Belakang
            Semakin hari bumi tempat manusia berdiri akan semakin tua, karena itu diperlukan kesadaran dari diri kita untuk dapat menjaga bumi ini dengan baik dan benar. Jika kita tidak mempunyai kesadaran akan hal ini maka bisa dipastikan kalau bumi ini semakin lama akan semakin buruk. Hal-hal buruk itu akan menimpa diri kita dan membuat banyak kerugian. Hal terbaik yang bisa kita lakukan saat ini adalah mencegah hal-hal buruk itu terjadi. Karenanya diperlukan kerjasama dari semua pihak.
            B.Tujuan
               Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menyadarkan pentingnya kepedulian manusia sebagai makhluk sosial di muka bumi. Apakah peranan kepedulian manusia di muka bumi sudah benar-benar melindungi alam sekitar di bumi ini.

                                                                        BAB   II
                                                                  PEMBAHASAN
            A.Pengertian Manusia
                   Untuk selanjutnya di pembahasan ini adalah di sini kita membahas tentang manusia. Selain manusia adalah makhluk ciptaan ALLAH swt yang paling sempurna dibandingkan dengan makhlik lainnya. Karena manusia mempunyai akal dan pikiran untuk berfikir secara logis dan dinamis, dan bisa membatasi diri dengan perbuatan yang tidak dilakukan, dan kita bisa memilih perbuatan mana yang baik (positif) atau buruk (negatif). Manusia dapat di bedakan dari segi biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin yang berarti "manusia yang tahu"), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan.
           
           B.Pengertian Hakikat Manusia
Hakikat manusia adalah mahluk tuhan paling sempurna 
Ciri-ciri hakikat manusia tersebut sebagai berikut ;
a. individu yang mmiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intlektual.
b. yang mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
c. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.
              C. Peranan Manusia Untuk Lebih Perduli Terhadap Alam Di bumi Ini

             Kita di bumi ini tidak hidup hanya sendiri tapi kita hidup di bumi ini selalu berdampingan dengan alam dan makhluk hidup lainnya. Sebelum membahas lebih lanjutnya Lingkungan hidup itu adalah kesatuan dari ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan mahluk hidup (termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya) yang mempengaruhi peri-kehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya. Oleh karena itu kelestarian dan keseimbangan alam perlu dipertahankan agar senantiasa memberikan daya dukung bagi kehidupan manusia ke taraf hidup yang lebih baik.

Namun yang terjadi kini malah sebaliknya, Dominasi manusia terhadap lingkungan seringkali berdampak buruk. Pembangunan dan penguasaan iptek dalam mengeksplorasi alam untuk peningkatan ekonomi seringkali melampaui batas dan sering kali mengabaikan kondisi lingkungan itu sendiri. Padahal kemampuan sumber daya dan kemampuan alam untuk mengeliminasi Zat pencemar adalah terbatas. Apalagi saat ini, krisis yang melanda negeri ini menyebabkan kehidupan lebih memburuk.

Kemiskinan yang terus melebar cenderung  menyebabkan orang lebih mendahulukan kegiatan yang menghasilkan uang dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Hal ini berakibat pada system alam yang akhirnya diabaikan. Bisa dibayangkan apa jadinya negara ini dalam waktu 20 tahun mendatang bila sikap kita yang tidak peduli terhadap lingkungan alam kita. Bisa kita lihat sendiri kerusakan yang terjadi pada lingkungan kita sekitar contohnya :

      1.Kerusakan tanaman



















2.Limbah-limbah dari rumah tangga dan pabrik

 

















3. Kemiskinan yang makin merajalela

 









4. Makin banyak kepunahan binatang-binatang


 












                                                               BAB III
                                                            PENUTUP
A.     Kesimpulan
            Kita dapat menyimpulkan bahwa di negara indonesia ini masih banyak yang belum sadar akan kepedulian untuk lingkungan sekitar dan umat manusia lainnya, bisa kita lihat dari fakta-fakta di sekitar lingkungan kita sekitar bahwa masih banyak kemiskinan yang makin merajalela, kerusakan alam, dan kepunahan hewan-hewan yang di lestarikan akibat perburuan liar
B.     Saran
            Dan sarannya adalah manusia memang tak pernah luput dari kesalahan tapi tidak seharusnya kita untuk melakukan kesalahan itu secara terus menerus karena bisa banyak merugikan untuk makhluk hidup lainnya, dan semua kembali kepada manusia-manusianya masing-masing bisa atau tidaknya mereka memikirkan kepedulian sebagai makhluk sosial untuk lingkungan di sekitarnya sebelum semuanya akan berakibat lebih parah dari yang sekarang.




#NB: Bisa di liat file aslinya tinggal di download di http://www.4shared.com/office/Lfk1b1D-/tugas_IBD.html?

Penulis : welcome to the blog risnanda febiarto ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Dimanakah Letak Kepedulian Manusia Sebagai Makhluk Sosial ini dipublish oleh welcome to the blog risnanda febiarto pada hari Jumat, 09 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Dimanakah Letak Kepedulian Manusia Sebagai Makhluk Sosial
 

0 komentar:

Posting Komentar